TIPS SEHAT MEMASAK MIE INSTAN

TIPS SEHAT MEMASAK MIE INSTAN

Hai bro bro semua,siapa yang gak pernah makan mie instan?Gak mungkin kayaknya ya.Mie instan adalah makanan favorit dikala bosen makan nasi atau pengganti nasi.Kalau buat anak kos sih mi instan merupakan makanan pokok di bulan tua kayaknya ya.Jadi siapa manusia Indonesia yang gak kenal mie instan.Siapa yang gak kenal istilah mie tante atau tanpa telur atau internet,indomie telur kornet.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Namun,meski rasanya enak dan aromanya susah ditolak, tapi mie instant tetaplah mie instant. Salah satu makanan favorit orang Indonesia itu punya banyak kandungan bahan kimia dan juga bahan pengawet yang jelas-jelas ga bagus buat tubuh. Nah, yang sering jadi masalah adalah, kita sering kali mengacuhkan semua zat kimia yang ada dalam mie instant.
Nah bro bro semua,mbah punya beberapa tips agar mie instan lebih aman untuk dikonsumsi.

1.Sebelum MI instan direbus ,biasakan untuk mencuci mi instan terlebih dahulu.Untuk apa?Untuk menghilangkan zat lilin pada mie.

2.Makan mie instan secara berkala alias tidak tiap hari.Dengan ini kamu kamu memberi toleransi pada tubuhmu untuk mendapat asupan mie instant. Misalnya, 3 hari sekali atau seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali. Karena, dengan memakan mie instant dengan terpola kita bisa mengurangi masuknya zat lilin yang terkandung dalam mie instant masuk ke dalam tubuh kita. Dengan demikian kita bisa mengurangi sembelit.

3.Tidak menyantap air bekas rebusan mie tersebut. Karena air rebusan mie instant itu mengandung zat lilin yang ga bagus bagi tubuh. Jadi, kalo mau makan mie kuah selain mienya dicuci, mending pakai air matang yang baru.Jangan memakai air rebusan mie walau beresiko kurang sedap.

4.Menambahkan makanan pelengkap.Contoh,dengan menambahkan telur ataupun sayur dalam mie instant atau daging2an, berarti kamu sedang menambahkan kandungan gizi yang ada pada makananmu. Jadi makanlah mi instan secara lengkap ya,tambah kornet tambah sayur dan telur.

5.Jangan memasukkan bumbu mi disaat merebus mi instan.Bumbu mie instant itu punya kandungan zat kimia, dan akan semakin berbahaya jika larut dalam air panas.Jadi bila mau mencampurkan bumbu mie instant sebaiknya dicampurkan setelah mie ditiriskan.

6.Memakai minyak dan kecap dapur.Nah kalo mbah sih selalu memakai minyak bekas menggoreng lauk semisal ayam atau ikan untuk mengganti minyak pada kemasan mie begitu juga dengan kecap lebih nyaman memakai kecap dapur.Toh sama saja.

7.Pernah dengar ungkapan orang yang bilang kalo belum makan nasi belum kenyang.Nah terkadang kita saking ngefansnya sama mie instan makan nasi pun make lauknya mi instan.What?padahal karbohidrat sama karbohidrat,gak bisa jadi proteinkan.Nah,sebenarnya hal ini adalah salah besar. Karena, dalam sebungkus mie instant itu sebenarnya sudah terkandung sekitar 200-300 kalori,ketika kamu memasak mie kamu biasanya menambahkan nasi biar bisa bikin kenyang. Dan sebenarnya hal ini adalah salah besar. Karena, dalam sebungkus mie instant itu sebenarnya sudah terkandung sekitar 200-300 kalori, dan ketika kamu tambahkan nasi pada mie instant tersebut maka kalorinya akan naik menjadi 600-700 kalori. Sehingga akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat memicu diabetes.

Sekian tips dari mbah ya…

Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *