TERTIPU SAAT BERBELANJA ONLINE???

Bagaimana Solusi Tertipu Belanja Online?

Hai brader brader gaspol..
Adakah kalian yang pernah berbelanja online?Tentu semua menjawab sudah kerena berbelanja online bukanlah hal aneh dan ribet lagi.Tapi apakah ada yang pernah tertipu saat berbelanja online?Mungkin diantara brader brader semua ada yang pernah tertipu saat berbelanja online.Berikut ini ada beberapa tips dari mbah bagaimana cara berbelanja online agar tidak tertipu dan bagaimana tips bila telah mengalami penipuan dalam berbelaja secara online.

Tips berbelanja online yang aman.

1.Usahakan berbelanja online secara COD alias Cash ON Delivery.Jadi apabila brader semua berbelanja online kepada penjual/reseller dalam 1 kota diusahakan menggunakan sistem COD,setelah melihat jenis barang yang akan dibeli lewat internet atau medsos,maka penjual bisa diajak ketemuan alias ada uang ada barang.Tapi hal ini tetap beresiko bila barang yang dibeli berkondisi second hand alias bekas.

2.Memilih merchant atau situs jual beli online yang terpercaya.Kalo brader semua kepingin beli belanja online tapi penjualnya beda kota,brader bisa memilih penjual yang tergabung dalam merchant yang sudah terkenal di Indonesia seperti BUKAL*PAK,TOKOP*EDIA,SHOPE* dan O*X.Dijamin aman deh,apalagi yang ada gratis ongkos kirim.

3.Memakai cara bayar ditempat.
Ada juga beberapa merchant yang menawarkan sistem bayar bila barang sudah sampai tempat tujuan atau tempat tinggal brader nah ini lebih aman lagi.

4.Memakai REKBER atau rekening bersama.
Cara ini biasanya digunakan oleh merchant merchant besar tapi bisa juga brader aplikasikan pada reseller perorangan yang beda kota.

5.Mencari toko online yang telah direkomendasikan sesama brader atau yang telah tersertifikasi.

Nah setelah beberapa tips aman berbelanja online maka sekarang akan dibahas tips cara mengatasi apabila brader brader tertipu belanja online.Biasanya hal ini terjadi apabila brader berbelanja online pada penjual perorangan dan beda kota.

1.Datanglah ke Bank sesuai Bank brader.
2.Serahkan bukti transfer atau sms banking kepada CS atau petugas.
3.Ceritakan kronologi secara runtut dan jelas,disertai screen shot percakapan.
4.Pihak Bank akan melacak penipu dengan melacak nomer rekening.
5.Rekening penipu akan dibekukan.
6.Kemudian brader akan dihubungkan dan berbincang dengan penipu untuk menyelesaikan masalah.
7.Kalau pihak penipu tidak mau mengembalikan uangnya maka pihak bank akan bekerja sama dengan polisi.
8.Penipu akan menjadi DPO dan segera dilakukan penangkapan.
9.Penipu harus menyerahkan sejumlah nominal uang yang brader transfer.
10.Penipu tertangkap dan uang brader dikembalikan utuh.

Semua Bank bisa,tapi lebih cepat Bank M*ndiri atau B*A.Ingat ingat syarat penting adalah bukti transfer brader brader semua jangan sampai hilang.Kalau terlanjur hilang gunakan history transfer atau rekening koran.

Selamat berbelanja online dan bijaksanalah dalam berbelanja.

Salam.

2 gagasan untuk “TERTIPU SAAT BERBELANJA ONLINE???

    1. anunebegadang Penulis

      malam bu,maaf low respon ya.Cara pertama adalah ibu mencari bukti transfer ibu baik struk atm atau skrinshoot pada internet banking ibu dan pergi ke bank yang ibu kirim uang tersebut dan mengutarakan ermasalahn ibu dengan menunjukan bukti tranfer dan melaporkan bahwa itu adalah penipuan.Akan lebih baik disertai laporan ke kepolisian.Maka rekening penipu itu akan terblokir

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *