STROKE PENYEBAB,PENCEGAHAN DAN PERTOLONGAN PERTAMANYA

Penyebab stroke dan pencegahannya

Apa Itu Stroke?
Hai brader-brader semua,kali ini mbah coba untuk mengulas tentang PENYEBAB STROKE,PENCEGAHAN DAN PERTOLONGANNYA.Karena dewasa ini penyakit ini menjadi momok yang menakutkan.Gak tua gak muda dengan mudah terserang penyakit ini.Untuk brader brader yang masih muda diharapkan untuk berperilaku hidup sehat.Sekaligus kita bisa mewaspadai dan berusaha mencegah penyakit ini pada keluarga kita khususnya yang telah berumur.Yuk mulai membahaspenyebab stroke.

Stroke adalah sebuah penyakit dimana kondisi suplai darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang,sehingga jaringan otak dapat kekurangan oksigen dan nutrisi.Dalam beberapa menit, sel-sel otak mulai mati.Stroke merupakan kondisi berbahaya yang dapat mengancam hidup seseorang dan dapat menimbulkan kerusakan permanen bahkan kematian.
Stroke tidak hanya terjadi pada orang yang berusia lanjut,stroke dapat terjadi pada golongan usia berapapun.Kita semua dapat meminimalisir terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor-faktor risiko penyebab stroke.Pada tingkat awal, masyarakat, keluarga dan setiap orang harus memperoleh informasi yang jelas,akurat dan meyakinkan bahwa stroke adalah serangan otak yang secara sederhana mempunyai beberapa tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan sangat difahami. Hal ini penting agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke dengan cara mengetahui segala sesuatu tentang penyebab stroke dan pencegahannya.Untuk mengetahui penyebabnya marilah kita terlebih dahulu mengetahui tanda tanda dan gejalanya.Berikut beberapa gejala atau tanda tanda stroke.
1.Mendadak merasa pusing,vertigo dan disertai sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya.
2.Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara hingga bicara terbata bata atau celat karena lidah mulai tertarik,sulit mengerti dan pendengaran berkurang.
3.Satu mata atau kedua pandangan mata mendadak menjadi kabur,buram atau menghitam.
4.Mendadak tubuh menjadi kepayahan untuk berjalan, terhuyung ,mulai kehilangan keseimbangan bahkan berjalan terpincang-pincang seperti diseret.
5. Rasa bebal pada bagian tubuh tertentu atau mati rasa mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian sebelah tubuh saja.
6.Perhatikan dengan seksama pada bagian wajah,apakah mata dan mulut pada sebelah wajah terlihat menurun?Bila iya itu adalah salah satu tandanya.Segera lakukan pertolongan pertama.
7.Kehilangan kesadaran dan koma.

Penyebab penyakit stroke

Nah brader sekarang kita akan coba membahas faktor yang jadi penyebab stroke.Ada dua faktor yaitu resiko medis dan resiko perilaku.

1.Faktor resiko medis .
Faktor resiko medis adalah faktor yang menyebabkan atau memperparah stroke antara lain a.Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi risiko pada stroke dapat memicu tingginya tekanan darah melebihi 120/80 mm Hg.Tekanan darah yang sesuai dengan umur baik jika memiliki diabetes atau tidak bisa anda konsultasikan ke dokter.
b. Kolesterol tinggi.
c. Arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah).
d. Gangguan jantung seperti , termasuk gagal jantung, cacat jantung, infeksi jantung, atau ritme jantung yang tidak normal
f. Diabetes.
g. Gangguan tidur
h. Perokok aktif maupun yang terkena paparannya
i. Yang lebih berbahaya menjadi penyebab stroke adalah menggunakan minuman keras beralkohol,obat-obatan terlarang seperti kokain dan metamfetamin
Menurut data statistik 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.

2.Faktor resiko perilaku.
Faktor resiko pelaku adalah faktor yang disebakan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti:
a. Perokok aktif maupun yang terkena paparannya.
b. Menkonsumsi minuman bersoda berlebihan dan beralkoholi.
c. Yang lebih berbahaya adalah menggunakan obat-obatan terlarang seperti kokain dan metamfetamin.
d. Gemar mengkonsumsi makanan cepat saji seperti fast food dan junk food.
e. Kurangnya aktifitas gerak atau malas berolah raga.
f. Obesitas.

3. Faktor lainnya
Faktor lainnya yang berhubungan dengan risiko stroke yang tinggi yaitu:
a. Riwayat stroke dalam keluarga atau faktor keturnan.
b..Migren (sakit kepelah sebelah).
c. Susasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa alasan yang jelas atau stress menjadi salah satu penyebab stroke.
d. Berusia lanjut atau berumur di atas 55 tahun.
e. Jenis kelamin,laki-laki biasanya memiliki risiko stroke lebih tinggi dibandingkan perempuan. Sedangkan perempuan biasanya terkena stroke pada usia lanjut, dan lebih rentan terhadap kematian akibat stroke dibandingkan laki-laki.Selain itu perempuan juga memiliki risiko dari penggunaan pil KB atau terapi hormon yang termasuk estrogen.Juga dalam kondisi kehamilan dan melahirkan.

Pencegahan
Adapun untuk menghindari stroke seseorang bisa melakukan tindakan pencegahan brader brader dapat membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah 10 langkah yang dapat brader lakukan guna menghindarkan diri dari serangan stroke.

1. Hentikan kebiasaan merokok.
Kebiasaan ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal.
2. Makanlah dengan sehat
Yang penting bila kita disiplin memakan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Hindari makan daging merah terlalu banyak karena lemak jenuhnya bisa membuat pembuluh darah mengeras. Konsumsi makanan berserat dapat mengendalikan lemak dalam darah.
3. Kurangi garam
Karena garam akan mengikatkan tekanan darah.
4. Hentikan kebiasaan minum alkohol
Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya atau menghentikannya dapat menghindarkan dari tekanan darah tinggi.

5. Berolahraga dan aktif
Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.

6. Periksakan tensi darah secara rutin.
Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah mengalami tekanan ekstra.Walau tidak menunjukkan gejala,ceklah tensi darah secara teratur.Dengan demikian anda telah meminimalisir penyebab stroke.

7. Kendalikan penyakit jantung
Kalau memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur atau kadar kolesterol tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Mintalah saran dokter untuk langkah terbaik.

8. Atasi dan kendalikan stres dan depresi.
Stres dan depresi dapat menggangu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.
9. Rileks dan berlibur
Sekali kali bila mempunyai sedikit dana,dapat pergi berlibur bersama keluarga.Karena kebersamaan dengan keluarga dapat mengurangi stress dan depresi.

10. Pantau berat badan Anda
Memiliki badan gemuk atau obes akan meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya penyebab stroke.
11.Mencari informasi yang akurat
Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan,banyak hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan atau menekan risiko stroke. Berhati-hatilah adalah sikap yang paling penting, beragam hormon termasuk pil dan terapi penggantian hormon HRT diduga dapat membuat darah menjadi kental dan cendrung mudah menggumpal.
12.Pendampingan
Yang dimaksud pendampingan adalah bila kita mempunyai keluarga yang sudah berusia lanjut dan mempunyai gejala gejala diatas,maka kita dapat melakukan pencegahan dengan mendampingi beberapa aktifitas orang tersebut yang beresiko.Seperti kekamar mandi yang licin atau aktifitas lain.
13. Beribadah dan perbaiki hubungan dengan Sang Pencipta.
Yang terakhir dan paling penting adalah hubungan kita dengan Sang Pencipta,Tuhan Yang Maha Esa melalui ibadah dan doa.Sudahkah kita menjadi hamba yang taat? Karena hakikatnya penyakit dan segala macam masalah hidup adalah berasal dariNya.

Pertolongan pertama
Setelah membahas penyebab stroke dan pencegahannya marilah kita membahas pertolongan pertamannya.Orang yg kena STROKE mendadak semisal jatuh dr WC atau jatuh dimanapun ,kemungkinan pembuluh darah ke otak akan pecah sedikit demi sedikit. Dan ingat,untuk mengatasi hal ini janganlah gugup atau panik. Jika korban berada di tempat kejadian seperti dikamar mandi ruang tidur jangan dipindahkan ke tempat lain dulu,karena akan percepat pecahnya pembuluh darah, dan janganlah sampai terjatuh lagi.Caranya adalah dengan mengeluarkan darah korban dengan menggunakan jarum yg telah dibakar atau disterilkan dengan alcohol.Yang kemudian ditusukkan ke ujung setiap jari masing masing sampai darahnya keluar ± 1-2 tetes.Kalau darahnya tidak keluar dapat diurut sampai keluar, sesudah itu korban akan sadar setelah beberapa menit kemudian.Nah brader ini yang penting jika korban mulutnya miring,tariklah kedua daun telinganya sampai merah dan langsung tusuk bagian bawah daun telinga dengan jarum steril sampai darah keluar ± 1-2 tetes. Setelah korban sadar dan mulutnya sudah pulih kembali barulah dibawa ke dokter/RS.
Dan lakukan dengan hati.Biasanya orang yg terkena stroke pembuluh darahnya akan lebih cepat pecah karena goncangan dalam perjalanan ke RS ataudokter. Orang tersebut dapat tidak sadar kembali atau pingsan dan biasanya akan cacat/lumpuh.Kuncinya adalah ketepatan waktu bertindak dan jangan panik.
Pengobatan selanjutnya apabila sudah terjadi stroke serahkan pada dokter dan ahlinya.

Nah brader brader semua dengan mengenali dan mempelajari gejala,resiko serta penyebab stroke,diharapkan kita semua dapat waspada,hati hati dan mengurangi resikonya.Dengan cara selalu menjaga kesehatan.

SALAM…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *