Melahirkan Berjongkok Lebih Menyehatkan

Keuntungan Melahirkan Berjongkok

Melahirkan adalah hal yang paling sukar dihadapi seorang wanita proses ini harus dilalui dengan mempertaruhkan nyawa dan rasa sakit yang luar biasa, akan tetapi rasa sakit itu bisa dikurangi , saya melahirkan di Family birth centre, Perth, Australia barat ke semua 5 anak saya dengan cara berjongkok/berlutut atau Squatting cara ini saya sangat sukai karena selain memudahkan melahirkan bayi juga mengurangi rasa sakit dalam proses melahirkan.

Family birth centre adalah tempat melahirkan alami bagi perempuan yang melahirkan normal , di setting dengan ruangan yang nyaman seperti kamar hotel, didalamnya ada kasur besar , kasur bayi, kursi panjang, kamar mandi, dan disediakan ruang mainan tuk anak anak dan buku buku bacaan,disediakan dapur yang menyediakn air panas dan minuman serta roti, untuk pasien dan keluarga.

Ketika proses melahirkan siapapun anggota keluarga boleh hadir menemani dan kasur pun boleh ditiduri oleh anak anak dan suami bila mengantuk dan kecapean menunggu sang ibu melahirkan. Bukan hanya memperhatikan pasien yang akan melahirkan dengan memberikan roti dan milo tapi juga memperhatikan keluarga,ketika suami saya mengemudi selama 4 jam mengantarkan saya ke family birrth centre tengah malam melahirkan anak no 5 maka sang bidan menyuruh dia tidur dikasur besar agar beristirahat, ketika akan pulang juga suami saya ditanya apakah bisa mengemudi dan tidak mengantuk?. Perhatian yang kecil tapi berdampak besar bagi keluarga pasien.

Ketika melahirkan barang barang yang saya gunakan adalah:

Bantal pelastik besar untuk tangan saya bertumpu.
wadah air/kempis air panas yanga kan saya simpan diperut dan mengurangi rasa mulas.
Botol air minum hangat yang akan menemani dikala dahaga
Kurma selalu siap sedia dihadapan saya dan akan membantu menabah energi.
Surah maryam yang akan saya dengarkan waktu proses bersalin.
Berdoa sebanyak mungkin(bahkan doa titipan dari teman teman) , karena yang sedang dilanda kesakitan ketika melahirkan in syaa Allah akan dikabulkan doanya.

Setelah melahirkan tidak ada jahitan , sang bayi akan terus berada di atas dada sang ibu , kemudian diperiksa pendengaran dan keutuhan anggota badan beserta panas badan, baru setelah 3 jam bisa dibawa pulang. Bukan hanya sang ibu yang diberi makan tapi sang ayah dan anak anak juga.

Cara berjongkok adalah cara alami yang sesuai dengan cara ibu nabi Isa, sayyidah Maryam melahirkan seperti dalam Alquran :

Surah maryam ayat 23:
Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”

dalam sebuah tafsir cara ibu nabi Isa melahirkan adalah dengan berjongkok( squatting) silahkan baca buku ini untuk mendapatkan penjelasan http://www.womaninthequran.com/01.html

kebanyakan kaum yunani, Filipina dan suku-suku di dunia zaman dahulu dan sekarang menggunakan posisi berjongkok saat melahirkan,bahkan beberapa suku di Indonesia Timur, mulai Lombok Timur hingga Papua, wanitanya juga mempunyai kebiasaan melahirkan dengan cara ini.

Bila dilakukan dengan tepat, posisi jongkok memiliki berbagai keuntungan, diantaranya:

a. Dapat memperpendek proses pengeluaran janin

b. Meminimalkan tindakan episiotomy

c. Membantu memperluas ukuran panggul

d. Memanfaatkan pengaruh gravitasi sehingga kepala bayi turun ke dasar panggul

e. Tidak perlu mengejan terlalu kuat

f. Memperkuat intensitas kontraksi

g. Mengurangi rasa nyeri

h. Menambah suplai oksigen pada bayi dan otot-otot sekitar panggul

i. Mengurangi nyeri punggung

perinsip melahirkan alami adalah “tubuhmu akan menuntunmu dan menunjukan cara yang ternyaman” ada yang jongkok, , nungging atau di kolam air (water birth) semuanya adalah pilihan yang bisa dipilih.

Di Indonesia dikenal dengan nama gentle birth berawal dari Bali dan sekarang mulai menyebar di kota besar, perinsip gentle birth melahirkan dengan tenang,nyaman, bahagia.

http://www.bumisehatfoundation.org/

semoga bermanfaat bagi umahat,
Umm Marwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *