KENAPA MOTOR TAK BOLEH LEWAT TOL??

KENAPA MOTOR TAK BOLEH LEWAT TOL??

MARQUES PUN KALAH NEKAD

Kenapa sih motor tak boleh masuk jalan tol?
Bro bro semua,di fesbuk maupun yutub ada beberapa video yang memperlihatkan pemotor nekad masuk jalan tol.Sebenarnya apasih yang bikin motor tidak boleh masuk jalan tol.Oke,disini mbah coba bahas dari sisi peraturan yang berlaku maupun dari sisi keamanan pengendara motor itu sendiri.Ini ada contoh videonya bro


Begini,berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Pasal 2, mendefinisikan jalan tol adalah halan umum yang merupakan bagian system jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar tol.Kalo pengguna motor minta dibolehkan lewat jalan told an bisa membayar gimana?Ya tetap gak bisa karena ada undang undangnya.Nih undang undangnya.
Bahwa pihak yang boleh menggunakan jalan tol yaitu pengguna kendaraan bermotor. Lebih rinci lagi, pada Pasal 38 Ayat 1 disebutkan, jalan tol hanya diperuntukan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Jadi jelas ya, tol bukanlah area yang bisa dilintasi pengendara kendaraan roda dua. Dan pula, jalan tol sangat berbahaya bila dilewati sepeda motor sebab rancang bangunnya ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih.Soal kecepatan, minimal kendaraan yang melintas di jalan tol antarkota melaju 80 kpj sedangkan untuk jalan tol perkotaan 60 kpj.
Dari sisi psikologis,pengendara motor yang melaju dengan kecepatan tinggi akan terlupa mengenai teknik berkendara, termasuk teknik pengereman. Jika motor melaju dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak, bisa jadi motor tersebut terjungkal. Pengendara sepeda motor juga bakal bermasalah dengan empasan angin dari kendaraan lain sebab dibuat tanpa hambatan.Dan kalau tidak ada keadaan yang mendesak atau ijin dari kepolisian, motor tidak boleh masuk ke jalan tol.

rame banget yang ngawal mak

Kalo bro bro semua memperhatikan lajur jalan tol sebelah kiri setelah bahu jalan itu biasanya diperuntukan untuk kendaraan besar yang tonasenya gila2an.Ada tronton,truk gandeng dan kendaraan2 besar yang bergerak lambat.Bisa dibayangkan missal bro bro sekalian masuk tol pada lajur sebelah kiri dan apes missal putus rantai atau pecah ban dan motor ngepot masuk jalur lambat maka bro bro semua akan diseruduk kendaraan besar tersebut.

Jadi ya saran mbah sih tetap taati peraturan dan berkendara yang aman,meskipun anda emak-emak tetep gak boleh nekad ya.
Salam
Just my opinion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *